Senin, 24 November 2014

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Resume Kelompok 4


                Kelompok 4 ini adalah kelompok saya membahas tentang komunikasi dalam organisasi,komunikasi dalam organisasi itu sangat penting ,kenapa? Karna sangat membantu anggota organisasi melancarkan tujuan dalam suatu organisasi ada 5 kategori komunikasi yang kita bahas 1.komunikasi lisan dan tertulis 2.komunikasi verbal dan nonverbal 3.komunikasi keatas kebawah dan kesamping 4.formal dan informal dan terkhir 5. Satu arah dan dua arah

Komunikasi Lisan dan Tertulis
Komunikasi lisan itu komunikasi yang dilakukan dengan cara bertatap muka langsung atau face to face dengan komunikasi ini pesan dapat diterima dengan secara langsung .Komunikasi tertulis itu komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung biasanya lewat perantara seperti email,sms,bbm dan lainlain

Komunikasi verbal dan nonverbal
Komunikasi verbal adalah komuniasi yang di sampaikan lewat mulut yang bersuara sama seperti komunikasi lisan.Komuniaksi non verbal adalah komunikasi yang di sampaikan dengan mimik wajah pandangan mata dan gerakan tubuh seseorang yang menggambarkan sikap dan apa yang di rasa oleh orang tersebut.

Komunikasi kebawah keatas dan kesamping
Komunikasi kebawah adalah komunikasi yang mengalir dari rantai komando paling atas ke paling bawah yaitu dari tingkat direktur ke karyawan,tujuannya untuk memberikan arahan nasihat dan teguran kepada bawahan dan juga menjalin komunikasi atasan pada bawahanya karna pemimpin yang baik dapat memiliki jiwa kepemiminan yang tinggi dan rasa tanggung jawab untuk berkomunikasi kepada bawahanya
Komunikasi keatas  adalah komunikasi yang mengalir dari rantai komando paling bawah ke rantai komando paling atas atau dari karyawan dan sataf ke tengah lalu ke paling atas gunanya untuk mencurahkan keluhan bawahan terhadap kebijaksanaan pemimpin bisa juga untuk memberikan solusi kepada pimpinan tentang kebijaksanaan yang baik bagi bawahan.
Komunikasi kesamping adalah komunikasi yang di lakukan antar dua individu dalam tingkat dan wewenang yang sama yang tidak mempunyai wewenang langsung terhadap pihak lain.

Komunikasi formal informal
Komunikasi formal adalah komunikasi yang apabila pesan dikirim dan diterima melalui pola kewenangan organisasi yang telah di tetapkan Dallam struktur organisasi.
Komunikasi informal adalah komunikasi yang juka pertukaran informasi nya terjadi secara kurang sistematik dan lebih informal
Komunikasi satu arah dan dua arah
Komunikasi satu arah komunikasi ini cuman menekan pada penyampaian pesan contohnya seperti iklan dilarang merokok dll
Komunikasi dua arah adalah komunikasi yang mempunyai sistem umpan balik.Yang terpasang tetap,contohnya seperti seminar ,perkuliahan dll

Sasaran komunikasi
Ada 3 sasaran komunikasi yang bisa menjadi acuan berhasilnya atau tidaknya suatu sasaran komunikasi yaitu ada perhatian,penerimaan,dan pemahaman sangat penting sasaran komunikasi dalam kesuksesan organisasi karna banyaknya pihak

Dalam organisasi pasti ada yang aktif dan tidak aktif,bagaimana cara membuat komunikasi yang tadinya pasif menjadi aktif ?
Biasanya didalam sebuah organisasi akan menseleksi anggota yang mau dipilih sebagai anggota organisasi tentunya ada kriteria yang dibutuhkan,apabila dia tidak pasif dalam berkomuniaksi biasanya hrd sudah mengetahuinya,dan apabila seorang anggota menjadi pasif akibat trauma dll itu tugas seorang pemimpin oranisasi untuk berkomunikasi dengan bawahanya memberi teguran dll agar anggota tsb menjadi aktif kembali.

Jenis-jenis komunikasi yang efesien?
Jarinagn saluran total,karna semua anggota organisasi bisa berkomunikasi tanpa ada batasan dan bisa langsug menyampaikan keluhan dan pendapat

Upaya agar organisasi bisa menjadi lebih eksis dan mampu menjalankan fungsinya secara optimal?

Yaitu dengan cara menjalankan komunikasi yang baik,baik atasan dengan bawaahan maupun bawahan dengan atasan karna komunikasi sangatlah penting membuat suatu organisasi tersebut menjadi lebih baik dan still eksis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar