Resume Kelompok 4
Kelompok 4 ini adalah kelompok saya membahas tentang
komunikasi dalam organisasi,komunikasi dalam organisasi itu sangat penting
,kenapa? Karna sangat membantu anggota organisasi melancarkan tujuan dalam
suatu organisasi ada 5 kategori komunikasi yang kita bahas 1.komunikasi lisan
dan tertulis 2.komunikasi verbal dan nonverbal 3.komunikasi keatas kebawah dan
kesamping 4.formal dan informal dan terkhir 5. Satu arah dan dua arah
Komunikasi Lisan dan Tertulis
Komunikasi lisan itu komunikasi yang dilakukan dengan cara
bertatap muka langsung atau face to face dengan komunikasi ini pesan dapat
diterima dengan secara langsung .Komunikasi tertulis itu komunikasi yang
dilakukan secara tidak langsung biasanya lewat perantara seperti email,sms,bbm
dan lainlain
Komunikasi verbal dan nonverbal
Komunikasi verbal adalah komuniasi yang di sampaikan lewat
mulut yang bersuara sama seperti komunikasi lisan.Komuniaksi non verbal adalah
komunikasi yang di sampaikan dengan mimik wajah pandangan mata dan gerakan
tubuh seseorang yang menggambarkan sikap dan apa yang di rasa oleh orang
tersebut.
Komunikasi kebawah keatas dan kesamping
Komunikasi kebawah adalah komunikasi yang mengalir dari
rantai komando paling atas ke paling bawah yaitu dari tingkat direktur ke
karyawan,tujuannya untuk memberikan arahan nasihat dan teguran kepada bawahan dan
juga menjalin komunikasi atasan pada bawahanya karna pemimpin yang baik dapat
memiliki jiwa kepemiminan yang tinggi dan rasa tanggung jawab untuk berkomunikasi
kepada bawahanya
Komunikasi keatas adalah komunikasi yang mengalir dari rantai
komando paling bawah ke rantai komando paling atas atau dari karyawan dan sataf
ke tengah lalu ke paling atas gunanya untuk mencurahkan keluhan bawahan
terhadap kebijaksanaan pemimpin bisa juga untuk memberikan solusi kepada
pimpinan tentang kebijaksanaan yang baik bagi bawahan.
Komunikasi kesamping adalah komunikasi yang di lakukan antar
dua individu dalam tingkat dan wewenang yang sama yang tidak mempunyai wewenang
langsung terhadap pihak lain.
Komunikasi formal informal
Komunikasi formal adalah komunikasi yang apabila pesan
dikirim dan diterima melalui pola kewenangan organisasi yang telah di tetapkan
Dallam struktur organisasi.
Komunikasi informal adalah komunikasi yang juka pertukaran
informasi nya terjadi secara kurang sistematik dan lebih informal
Komunikasi satu arah dan dua arah
Komunikasi satu arah komunikasi ini cuman menekan pada
penyampaian pesan contohnya seperti iklan dilarang merokok dll
Komunikasi dua arah adalah komunikasi yang mempunyai sistem
umpan balik.Yang terpasang tetap,contohnya seperti seminar ,perkuliahan dll
Sasaran komunikasi
Ada 3 sasaran komunikasi yang bisa menjadi acuan berhasilnya
atau tidaknya suatu sasaran komunikasi yaitu ada perhatian,penerimaan,dan
pemahaman sangat penting sasaran komunikasi dalam kesuksesan organisasi karna
banyaknya pihak
Dalam organisasi pasti ada yang aktif dan tidak
aktif,bagaimana cara membuat komunikasi yang tadinya pasif menjadi aktif ?
Biasanya didalam sebuah organisasi akan menseleksi anggota
yang mau dipilih sebagai anggota organisasi tentunya ada kriteria yang dibutuhkan,apabila
dia tidak pasif dalam berkomuniaksi biasanya hrd sudah mengetahuinya,dan
apabila seorang anggota menjadi pasif akibat trauma dll itu tugas seorang
pemimpin oranisasi untuk berkomunikasi dengan bawahanya memberi teguran dll
agar anggota tsb menjadi aktif kembali.
Jenis-jenis komunikasi yang efesien?
Jarinagn saluran total,karna semua anggota organisasi bisa
berkomunikasi tanpa ada batasan dan bisa langsug menyampaikan keluhan dan
pendapat
Upaya agar organisasi bisa menjadi lebih eksis dan mampu
menjalankan fungsinya secara optimal?
Yaitu dengan cara menjalankan komunikasi yang baik,baik
atasan dengan bawaahan maupun bawahan dengan atasan karna komunikasi sangatlah
penting membuat suatu organisasi tersebut menjadi lebih baik dan still eksis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar